RAMDONI, ALI AKBAR (2024) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DOMINASI OTAK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
3. Suket Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
4. Pernyataan.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Isi, Tabel & Gambar.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari dominasi otak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu think aloud method, melalui tes berpikir reflektif matematis, tes dominasi otak serta wawancara semi-terstruktur. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dengan instrumen lainnya berupa soal tes berpikir reflektif matematis dan kuesioner berupa tes dominasi otak. Subjek penelitian ini adalah subjek S-6 yang memiliki dominasi otak kiri dan subjek S-5 yang memiliki dominasi otak kanan. Orang yang dominan menggunakan bagian otak kiri adalah mereka yang memiliki pemikiran rasional, intelektual, berorientasi pada detail, logis, dan analitis. Sedangkan orang dengan dominasi otak kanan bekerja secara acak, tidak teratur, dan intuitif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa proses berpikir reflektif subjek S-5 dan S-6 bereaksi dan memproses informasi atas permasalahan yang diberikan, akan tetapi subjek S-6 dapat memproses informasi dan menggunakannya untuk merancang strategi dalam menyelesaikan permasalahan lebih baik daripada subjek S-5, sehingga S-6 dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan cara berdasarkan pemikiran dan pengalamannya tanpa melupakan informasi yang telah diperoleh dan untuk menunjang jawabannya, S-6 menguji jawaban yang didapatkan dengan cara yang telah dipelajari. Sedangkan S-5 dapat menggunakan cara berdasarkan pengalamannya, tetapi tidak menemukan jawaban akhir dikarenakan ada informasi yang terlupakan sehingga S-5 mendapatkan dua jawaban berbeda, S-5 melewatkan langkah akhir untuk mencari jawabannya dikarenakan cara berdasarkan pengalamannya kurang reliabel, akan tetapi S-5 mengevaluasinya dengan cara yang telah dipelajari untuk mendapatkan jawaban akhirnya. Kata kunci: Proses Berpikir Reflektif; Proses Berpikir Reflektif Matematis; Dominasi Otak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |