Fitriana, Della (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM VIDEO FABEL PADA YOUTUBE INDONESIAN FAIRY TALES MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
13. RIWATAR HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pada Capaian Pembelajaran menganalisis dan memaknai informasi berupa pesan dalam berbagai teks audio-visual, pendidik hendaknya menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sehingga CP dapat dicapai secara maksimal. Salah satu sumber yang dapat digunakan dalam mencapai CP tersebut adalah cerita fabel audio-visual pada kanal YouTube Indonesian Fairy Tales. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan berupa nilai-nilai kehidupan fabel yang terkandung dalam kumpulan video fabel YouTube Indonesian Fairy Tales dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya nilai-nilai kehidupan dalam video fabel pada YouTube Indonesian Fairy Tales dijadikan sebagai sumber belajar di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan, yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik angket. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa video pada YouTube Indonesian Fairy Tales. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai kehidupan teks fabel. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa video fabel pada YouTube Indonesian Fairy Tales memiliki nilai-nilai kehidupan yang lengkap, yaitu nilai religius, nilai moral, keberanian, berkorban, gotong royong, kepahlawanan, kepemimpinan, pendidikan, dan kesederhanaan. Kesesuaian dengan kurikulum dan kriteria bahan ajar sastra, video fabel ini sudah sesuai dengan kurikulum, yaitu sesuai dengan CP menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari teks fiksi audio-visual, dan memenuhi kriteria bahan ajar sastra, yaitu aspek kebahasaan, psikologi, dan latar belakang budaya. Setelah melakukan validasi dapat disimpulkan bahwa video fabel YouTube Indonesian Fairy Tales dapat dijadikan sebagai bahan ajar nilai-nilai kehidupan teks fabel di SMP. Kata kunci: Analisis nilai-nilai kehidupan, Fabel, YouTube.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |