PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025)

FAUZI, RIZAL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover Rizal.pdf

Download (60kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi Rizal.pdf

Download (324kB)
[img] Text
abstrak rizal.pdf

Download (12kB)
[img] Text
abstracc rizal.pdf

Download (11kB)
[img] Text
kata pengantar rizal.pdf

Download (69kB)
[img] Text
ucapan makasih rizal.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Isi Rizal.pdf

Download (43kB)
[img] Text
daftar Tabel Rizal.pdf

Download (97kB)
[img] Text
daftar gambar rizal.pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar lampiran rizal.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Bab 1 Rizal.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab 2 Rizal.pdf

Download (456kB)
[img] Text
bab 3 Rizal.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Bab 4 Rizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Bab 5 Rizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Rizal.pdf

Download (180kB)
[img] Text
riwayat hidup rizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran Rizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan di kelas X SMAN 1 Jatiwaras yang menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan bantuan media poster dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain non equivalent control group, menggunakan instrumen tes berupa soal uraian. Populasi penelitian mencakup 400 siswa kelas X SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling jenis purposive sampling, dengan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan X-1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji Paired Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model di kelas eksperimen. Selain itu, uji Independent Sample T-test juga menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan model. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang didukung oleh media poster terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi. kata Kunci : Berbantuan media poster, Berpikir kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:53
Last Modified: 30 Jan 2025 01:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item