PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN, SERTA MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX B SMP Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024)

Ramdan, Andra Muhamad (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN, SERTA MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX B SMP Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (178kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (170kB)
[img] Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya berdasarkan informasi yang penulis peroleh, di SMP Negeri 2 Singaparna khususnya kelas IX B masih banyak peserta didik yang belum mampu menentukan struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek, serta menghubungkan ide-ide untuk menulis teks cerita pendek, sehingga peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna tahun ajaran 2023/2024 masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur, dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek siklus kesatu yaitu sebanyak 15 peserta didik (48%) telah mencapai KKM dan 16 peserta didik (51%) belum mencapai KKM. Dalam pembelajaran mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek sebanyak 20 peserta didik (64%) belum mencapai KKM dan 11 peserta didik (35%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua baik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek maupun mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek, seluruh peserta didik kelas IX-B telah mencapai KKM yaitu 31 peserta didik (100%). Selain itu, berdasarkan hasil uji Wilcoxon terhadap data nilai peserta didik pada KD 3.2 dan 4.2 diperoleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (38). Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini menujukan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:50
Last Modified: 20 Jan 2025 04:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item