PRATAMA, ALBIMA SAHALUNURAL PUTRA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Menganalisis unsur pembangun cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI Kurikulum 2013 Revisi. Namun, pada kenyataan di SMA Negeri 1 Sukadana kelas XI IPS 1 sebanyak 26 (100%) peserta didik belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun dalam sebuah teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sukadana. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, angket, serta tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam menganalisis unsur pembangun teks cerita pendek siklus I terdapat 5 peserta didik (19%) yang mampu mencapai KKM dan 21 peserta didik (81%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II, 1 peserta didik (4%) yang belum mencapai KKM dan 25 peserta didik (96%) sudah mencapai KKM. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan Uji Normalitas. Maka hasil uji menunjukkan data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji perbedaan dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai siginikasi 0,000, < 0,05. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur pembangun dalam sebuah teks cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:57 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |