AZMI, SYIFA NURUL (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU PADA MATERI HUKUM KEPLER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (99kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
04 REKOMENDASI PENGUJI.pdf Download (510kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (117kB) |
|
Text
07 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (228kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
09 DAFTA R TABEL.pdf Download (112kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (10kB) |
|
Text
12 BAB 1.pdf Download (146kB) |
|
Text
13 BAB 2.pdf Download (423kB) |
|
Text
14 BAB 3.pdf Download (377kB) |
|
Text
15 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text
16 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
19 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6kB) |
Abstract
Kurikulum merdeka mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya melalui pembelajaran yang fleksibel dan relevan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran. Berdasarkkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Sariwangi berupa media powerpoint saja sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan teknologi Augmented Reality berbantuan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sariwangi tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari ketiga kelas XI MIPA, dengan total 85 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Tes essay dari 9 pertanyaan tentang materi Hukum Kepler digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14812 |
Actions (login required)
View Item |