APRIANI, YUNI NUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
04. REKOMENDASI PENGUJI.pdf Download (89kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (78kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) |
|
Text
09. DAFTAR TABEL.pdf Download (65kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (62kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (519kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (323kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik terutama dalam pembelajaran fisika serta kurangnya inovasi belajar fisika yang dilaksanakan di sekolah. Sebagai salah satu solusi untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan memberikan inovasi belajar fisika, peneliti menerapkan model pembelajaran kausalitik dengan berbantuan aplikasi sevima edlink pada penelitannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kausalitik berbantuan aplikasi sevima edlink terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh kelas XI Fisika di SMA Negeri 1 Taraju tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 4 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terpilih berjumlah dua kelas yaitu kelas XI Fisika 2 sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Fisika 4 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol sehingga sampel total berjumlah 64 orang. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik ditinjau dengan tes berbentuk pilihan ganda bertingkat berjumlah 4 soal yang diujikan pada saat sebelum dan sesudah mendapat perlakuan (pre-test dan post-test) dengan menggunakan model pembelajaran kausalitik berbantuan aplikasi sevima edlink. Hasil pengujian pada uji hipotesis menyatakan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:22 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14809 |
Actions (login required)
View Item |