PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DAN SURAT PRIBADI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Aulia, Rista (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DAN SURAT PRIBADI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3_LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (296kB)
[img] Text
6_DAFTAR DAFTAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf

Download (604kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
13_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
14_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan signifikansi pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis surat resmi yakni 60,69 (pre-test) dan 87,50 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis surat pribadi yakni 62,75 (pre-test) dan 86,15 (post-test). Rata�rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis surat resmi yakni 55,62 (pre-test) dan 79,87 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis surat pribadi yakni 59,81 (pre-test) dan 81,75 (post-test). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,000< 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis surat resmi di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi sedangkan pada pembelajaran menulis surat pribadi sebesar 0,5 berkategori sedang. Kemudian rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis surat resmi di kelas kontrol sebesar 0,6 berkategori sedang sedangkan pada pembelajaran menulis surat pribadi sebesar 0,4 berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:19
Last Modified: 27 Dec 2024 02:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item