Aulia, Rista (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DAN SURAT PRIBADI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
3_LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (215kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf Download (296kB) |
|
Text
6_DAFTAR DAFTAR.pdf Download (225kB) |
|
Text
7_BAB 1.pdf Download (324kB) |
|
Text
8_BAB 2.pdf Download (674kB) |
|
Text
9_BAB 3.pdf Download (604kB) |
|
Text
10_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
13_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
14_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan signifikansi pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis surat resmi yakni 60,69 (pre-test) dan 87,50 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis surat pribadi yakni 62,75 (pre-test) dan 86,15 (post-test). Rata�rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis surat resmi yakni 55,62 (pre-test) dan 79,87 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis surat pribadi yakni 59,81 (pre-test) dan 81,75 (post-test). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,000< 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis surat resmi di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi sedangkan pada pembelajaran menulis surat pribadi sebesar 0,5 berkategori sedang. Kemudian rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis surat resmi di kelas kontrol sebesar 0,6 berkategori sedang sedangkan pada pembelajaran menulis surat pribadi sebesar 0,4 berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14792 |
Actions (login required)
View Item |