THE USE OF WEBTOON FOR EFL STUDENTS VOCABULARY ACQUISITION: A DESCRIPTIVE CASE STUDY OF INDONESIAN HIGHER EDUCATION STUDENTS

SANDITA, DESTI (2024) THE USE OF WEBTOON FOR EFL STUDENTS VOCABULARY ACQUISITION: A DESCRIPTIVE CASE STUDY OF INDONESIAN HIGHER EDUCATION STUDENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (441kB)
[img] Text
2. approval sheet.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (303kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (297kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (314kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (440kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. CURRICULUM VITTAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Dalam era saat ini, penggunaan media berbasis internet untuk keperluan pendidikan semakin meningkat, sebuah tren yang diadopsi secara aktif oleh para pendidik karena potensinya sebagai sumber belajar. Salah satu platform yang semakin dikenal adalah Webtoon, yang mendapat minat yang signifikan dari masyarakat umum. Studi ini menggambarkan bagaimana mahasiswa pendidikan tinggi menggunakan Webtoon untuk memperkaya kosakata mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan partisipan dua mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara semi�struktural dan dianalisis dengan menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Webtoon adalah salahsatu media yang dinamis dan menarik bagi mahasiswa pendidikan tinggi dalam memperkaya kosakata mereka. Temuan meliputi, (1) memilih cerita dan fitur menarik dari Webtoon dalam meningkatkan perolehan kosakata, (2) rasa penasaran terhadap cerita Webtoon dalam membimbing pembaca untuk menggunakan kamus untuk memahami kosakata, dan (3) meningkatkan familiaritas melalui kemunculan berulang kosakata dalam webtoon. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa Webtoon memberikan metode yang menarik dan efektif bagi mahasiswa pendidikan tinggi untuk memperkaya kosakata mereka. Melalui kombinasi visual, konteks, dan fitur interaktifnya, Webtoon menawarkan platform yang dinamis untuk memperluas kosakata sambil menikmati cerita yang menghibur. Dengan mengintegrasikan Webtoon ke dalam proses pembelajaran, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa mereka secara menyenangkan, menjadikannya alat tambahan yang berharga dalam konteks pendidikan tinggi. Keywords: Webtoon, EFL, Mahasiswa Pendidikan Tinggi, Perolehan Kosakata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 01:57
Last Modified: 27 Dec 2024 01:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item View Item