CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA TASIKMALAYA

KARTIKA, NINA (2024) CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf

Download (142kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (31kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (46kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (86kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (26kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (213kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
17. Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ini untuk mengkonfirmasi faktor apa saja yang valid mengukur motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode konfirmatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negri yang ada di Kota Tasikmalaya. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 440 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket mengenai faktor-faktor yang valid mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik confirmatory factor analysis (CFA) dengan tahapan yang dilakukan yaitu menguji kelayakan analisis, menyajikan matriks korelasi, melakukan ekstraksi, rotasi, serta melakukan penamaan faktor. Berdasarkan hasil analisis faktor konfirmatori dapat diketahui bahwa faktor�faktor (1) lingkungan sekolah, (2) lingkungan keluarga, (3) bakat, (4) cita-cita, (5) minat. (6) persepsi terhadap Matematika, (7) guru, (8) lingkungan masyarakat, serta (9) sikap valid mengukur motivasi belajar. Kata kunci: Confirmatory Factor Analysis (CFA), Matematika, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Dec 2024 05:20
Last Modified: 17 Dec 2024 05:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item