KARTIKA, NINA (2024) CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (86kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (89kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf Download (142kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf Download (31kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (46kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (86kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (26kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (28kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (87kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Download (213kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Download (256kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
|
Text
17. Daftar Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk ini untuk mengkonfirmasi faktor apa saja yang valid mengukur motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode konfirmatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negri yang ada di Kota Tasikmalaya. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 440 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket mengenai faktor-faktor yang valid mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik confirmatory factor analysis (CFA) dengan tahapan yang dilakukan yaitu menguji kelayakan analisis, menyajikan matriks korelasi, melakukan ekstraksi, rotasi, serta melakukan penamaan faktor. Berdasarkan hasil analisis faktor konfirmatori dapat diketahui bahwa faktor�faktor (1) lingkungan sekolah, (2) lingkungan keluarga, (3) bakat, (4) cita-cita, (5) minat. (6) persepsi terhadap Matematika, (7) guru, (8) lingkungan masyarakat, serta (9) sikap valid mengukur motivasi belajar. Kata kunci: Confirmatory Factor Analysis (CFA), Matematika, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 05:20 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 05:20 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14714 |
Actions (login required)
View Item |