Kamila, Zalfa (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INFOGRAFIS STATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (84kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (361kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (20kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (131kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (57kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (295kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (273kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis statis lebih baik daripada yang tanpa berbantuan infografis statis pada materi penyajian data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya dengan sampel penelitiannya kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan cara memperhatikan saran dari guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis pada materi penyajian data. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-test untuk menguji ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis statis secara signifikan dan uji independent sample t-test untuk menguji peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis lebih baik secara signifikan daripada yang tanpa berbantuan infografis statis. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis memperoleh nilai n-gain sebesar 0,7055 (Tinggi) sementara peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning tanpa berbantuan infografis memperoleh nilai n-gain sebesar 0,6358 (Sedang). Kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis lebih baik daripada yang tanpa berbantuan infografis statis. Kata kunci : Peningkatan, Problem Based Learning, Infografis Statis, kemampuan Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:06 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14594 |
Actions (login required)
View Item |