HARYANTO, HARI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (KAM). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover, Lembar Pengesahan, Pernyataan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf Download (960kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
Lampiran - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan number sense peserta didik ditinjau dari kemampuan awal matematika (KAM). Penelitian ini di SMP Negeri 13 Tasikmalaya kelas VII. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara tak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dengan model Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion dengan simpulan yang di dapat adalah Kemampuan number sense yang dimiliki oleh S17 yakni Tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal nomor 1, tetapi mengalami kesulitan dalam konsep ukuran satuan panjang ; Dalam mengurutkan bilangan, S17 hanya melihat bilangan saja tanpa memperhatikan satuan ; Kurang teliti dalam mengubah pecahan campuran menjadi bentuk lain, sehingga pengaruh perngopesian yang dikerjakan kurang tepat ; Kurang teliti dalam mengubah pecahan campuran menjadi bentuk lain ; Kesulitan dalam strategi perhitungan yang harus digunakan apalagi perhitungan yang memuat bilangan decimal. Kemampuan number sense yang dimiliki oleh S24 yakni Tidak memahami konsep ukuran satuan panjang, jadi tidak menuliskan apapun pada lembar jawaban ; Belum sampai pada tahap pengurutan bilangan karena ada satu tahap yang belum diselesaikan ; Belum memahami dalam menggunakan operasi apa yang harus digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut ; Kurang teliti dalam membuat kalimat matematika ; Belum paham dalam menggunakan bilangan yang harus dioperasikan. Kemampuan number sense yang dimiliki oleh S25 yakni Tidak memahami konsep ukuran satuan panjang, jadi kemampuan dalam membandingkan bilangan juga masih kurang ; Dalam mengurutkan bilangan, S25 hanya melihat bilangan saja tanpa memperhatikan satuan ; Kesulitan dalam menyederhanakan pecahan ; Kesulitan dalam membuat kalimat matematika Tidak memahami apa yang dibaca akibat kurangnya pengetahuan peserta didik tentang konsep bilangan. Kata kunci: Kemampuan Number Sense, Kemampuan Awal Matematika (KAM)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14564 |
Actions (login required)
View Item |