SUGIARTI, YENI NURAENI (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI TIRANI MATAHARI TERBIT DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (662kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (165kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (249kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (5kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (7kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (171kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (132kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
14. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya terobosan baru dalam pembelajaran Sejarah agar pembelajaran lebih interaktif dan peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan penggunaan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tasikmalaya dimulai dengan pembuatan bahan ajar yakni modul ajar, materi ajar, powerpoint, mempersiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD), mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), memberikan instruksi untuk membaca materi bagi peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari 3 pertemuan sesuai sintak model pembelajaran project based learning yakni menentukan pertanyaan mendasar, perancangan proyek, penyusunan jadwal, monitoring kemajuan proyek, pengujian hasil proyek dan pengevaluasian pengalaman. Peserta didik membuat beberapa hasil karya proyek berupa scrapbook, infografis, quiziz, dan game. Dampak dari penggunaan model pembelajaran project based learning peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil asesmen berupa penilaian pengetahuan, sikap serta keterampilan menunjukan hasil nilai yang baik dan berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pembelajaran Sejarah di SMAN 2 Tasikmalaya. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Proyek Hasil Karya Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14507 |
Actions (login required)
View Item |