KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

SUTARSIH, ACIH (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.PDF

Download (7MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (775kB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini menurut Guilford adalah Kelancaran, Keluwesan. Keaslian dan Elaborasi. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas XII Akuntasi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 1 Kawali tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peserta didik yang diwakili oleh subjek S1 dan subjek S3, yakni perwakilan peserta didik tipe kepribadian ekstrovert. Dapat dijelaskan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik S1 dan S3 dikatagorikan mempunyai kemampuan berpikir kurang kreatif dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Untuk Subjek S1 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek S3 menunjukkan mampu melalui tahap keluwesan (flexibility) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Peserta Peserta didik yang diwakili oleh subjek S2, dan subjek S4, yakni perwakilan peserta didik tipe kepribadian introvert. Dapat dijelaskan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik S2 dan S4 dikatagorikan mempunyai kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Untuk Subjek S2 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan elaborasi (elaboration), dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek S4 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci : berpikir kreatif, tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:23
Last Modified: 04 Oct 2024 02:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item