SUTARSIH, ACIH (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.PDF Download (7MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (186kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (137kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (211kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (157kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Download (775kB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini menurut Guilford adalah Kelancaran, Keluwesan. Keaslian dan Elaborasi. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas XII Akuntasi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 1 Kawali tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peserta didik yang diwakili oleh subjek S1 dan subjek S3, yakni perwakilan peserta didik tipe kepribadian ekstrovert. Dapat dijelaskan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik S1 dan S3 dikatagorikan mempunyai kemampuan berpikir kurang kreatif dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Untuk Subjek S1 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek S3 menunjukkan mampu melalui tahap keluwesan (flexibility) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Peserta Peserta didik yang diwakili oleh subjek S2, dan subjek S4, yakni perwakilan peserta didik tipe kepribadian introvert. Dapat dijelaskan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik S2 dan S4 dikatagorikan mempunyai kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Untuk Subjek S2 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan elaborasi (elaboration), dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek S4 menunjukkan mampu melalui tahap kelancaran (fluency), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci : berpikir kreatif, tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14461 |
Actions (login required)
View Item |