ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

USLIMA, SYLVIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (68kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara. Instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) dan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Tasikmalaya yang memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis pada masing-masing gaya kognitif reflektif dan impulsif serta dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kemampuan koneksi matematis pada gaya kognitif reflektif menunjukkan bahwa siswa dengan gaya reflektif cenderung melakukan setiap kemampuan koneksi matematis dengan baik, memakan waktu lama namun detail, dan memberikan jawaban yang benar karena berpikir dengan hati-hati , sedangkan kemampuan koneksi matematis pada gaya kognitif impulsif, siswa cenderung cepat dalam menjawab namun tidak selalu benar, sehingga hasil kemampuan koneksi matematis dapat bervariasi. Kata kunci: Koneksi Matematis; Reflektif; Impulsif;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:17
Last Modified: 20 Sep 2024 07:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item