SHINTA, SHINTA (2024) EXPLORING THE CHALLENGES AND OPPORTUNITIES OF PROJECT-BASED MINI RESEARCH: VOICES FROM GRAMMAR IN MULTIMODAL DISCOURSE CLASS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (198kB) |
|
Text
2 APPROVAL SHEET.pdf Download (494kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (323kB) |
|
Text
4 ABSTRAK Indosenia.pdf Download (411kB) |
|
Text
5 ABSTRACT.pdf Download (394kB) |
|
Text
6 PREFACE.pdf Download (112kB) |
|
Text
7 ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (185kB) |
|
Text
8 TABLE OF CONTENTES.pdf Download (134kB) |
|
Text
9 LIST OF TABLES.pdf Download (294kB) |
|
Text
10 LIST OF FIGURES.pdf Download (265kB) |
|
Text
11 LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (373kB) |
|
Text
12 CHAPTER 1.pdf Download (237kB) |
|
Text
13 CHAPTER 2.pdf Download (367kB) |
|
Text
14 CHAPTER 3.pdf Download (325kB) |
|
Text
15 CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
16 CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
17 REFERENCES.pdf Download (264kB) |
|
Text
18 ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang diintegrasikan pada kelas Grammar in Multimodal Discourse yang menimbulkan sudut pandang berbeda dari siswa mengenai tantangan dan peluangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap tantangan dan peluang model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Grammar in Multimodal Discourse. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menggunakan analisis tematik untuk menganalisis data (Braun & Clarke, 2006a). Hasil analisis menunjukkan adanya tantangan dan peluang dalam penggunaan pembelajaran berbasis proyek pada kelas Grammar in Multimodal Discourse. Berdasarkan data yang diambil dari peserta, diskusi dibagi menjadi enam tema, yaitu: (1) Menentukan Kesulitan dalam Pembuatan Proyek, (2) Peran Kerjasama Tim dalam Menambah Pengetahuan, (3) Praktik Keterampilan Pemecahan Masalah sebagai Kunci dalam Mengelola Tantangan Kerja Sama Tim, (4) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Kolaboratif, (5) Efisiensi Keterampilan Komunikasi dalam Mengembangkan Koneksi, dan (6) Meningkatkan Motivasi Siswa melalui Pembelajaran Aktif dan Kolaboratif. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki peluang bagi siswa dalam meningkatkan keterampilannya dan hal ini berkaitan dengan keterampilan abad 21 seperti kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan motivasi siswa. Selain itu, siswa juga menghadapi beberapa tantangan ketika membuat proyek seperti kurangnya komunikasi dan manajemen waktu. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Mini Research, Tantangan, Peluang,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14373 |
Actions (login required)
View Item |