Solechudin, Syndy Olyvia (2024) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN ANTOLOGI CERPEN “GADIS KOTA JERASH” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (128kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (117kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (197kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (305kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (176kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Menganalisis unsur pembangun teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik. Dalam proses menguasai KD tersebut, teks cerita pendek yang digunakan harus sesuai dengan kriteria bahan ajar. Salah satu bahan ajar teks cerita pendek yang dapat digunakan adalah buku kumpulan teks cerita pendek. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian berupa analisis unsur pembangun teks cerita pendek pada buku antologi cerpen Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El Shirazy dan kawan-kawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur pembangun teks cerita pendek dalam antologi cerita pendek Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El Shirazy dan kawan-kawan. Selain itu, tujuan lainnya ialah mengetahui dapat atau tidaknya teks cerita pendek dalam buku antologi tersebut untuk dijadikan alternatif bahan ajar bahasa Indonesia pada kelas XI. Hal tersebut diharapkan dapat membantu guru dalam mencari alternatif bahan ajar yang bervariasi. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Metode tersebut membantu penulis untuk melaksanakan penelitian ini. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik pengumpulan data dengan dokumen, serta teknik analisis wacana. Populasi penelitian ini sebanyak 17 teks cerita pendek dengan sampel penelitian yang terpilih sebanyak 4 teks cerita pendek. Penulis menerapkan sistem eliminasi dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai pertimbangan dalam memilih sampel, yakni kesesuaian dengan kriteria bahan ajar menurut Kurikulum 2013 revisi, kesesuaian dengan kriteria bahan ajar sastra menurut Sawardi, serta panjang isi cerita yang akan berpengaruh terhadap kesukaran dalam memahami cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat teks cerita pendek dari antologi cerpen Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El-Shirazy dan kawan kawan yang penulis teliti memiliki unsur pembangun yang lengkap meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Selain itu, keempat teks tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 revisi serta memenuhi kriteria bahan ajar sastra, meliputi aspek pedagogi, estetis, psikologis, dan ideologi. Berdasarkan indikator-indikator tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks cerita pendek dalam antologi Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El-Shirazy dan kawan-kawan ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada kelas XI. Artinya hipotesis penelitian ini terbukti dan dapat diterima. iii
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:42 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14355 |
Actions (login required)
View Item |