ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN ANTOLOGI CERPEN “GADIS KOTA JERASH” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI

Solechudin, Syndy Olyvia (2024) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN ANTOLOGI CERPEN “GADIS KOTA JERASH” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Menganalisis unsur pembangun teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik. Dalam proses menguasai KD tersebut, teks cerita pendek yang digunakan harus sesuai dengan kriteria bahan ajar. Salah satu bahan ajar teks cerita pendek yang dapat digunakan adalah buku kumpulan teks cerita pendek. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian berupa analisis unsur pembangun teks cerita pendek pada buku antologi cerpen Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El Shirazy dan kawan-kawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur pembangun teks cerita pendek dalam antologi cerita pendek Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El Shirazy dan kawan-kawan. Selain itu, tujuan lainnya ialah mengetahui dapat atau tidaknya teks cerita pendek dalam buku antologi tersebut untuk dijadikan alternatif bahan ajar bahasa Indonesia pada kelas XI. Hal tersebut diharapkan dapat membantu guru dalam mencari alternatif bahan ajar yang bervariasi. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Metode tersebut membantu penulis untuk melaksanakan penelitian ini. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik pengumpulan data dengan dokumen, serta teknik analisis wacana. Populasi penelitian ini sebanyak 17 teks cerita pendek dengan sampel penelitian yang terpilih sebanyak 4 teks cerita pendek. Penulis menerapkan sistem eliminasi dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai pertimbangan dalam memilih sampel, yakni kesesuaian dengan kriteria bahan ajar menurut Kurikulum 2013 revisi, kesesuaian dengan kriteria bahan ajar sastra menurut Sawardi, serta panjang isi cerita yang akan berpengaruh terhadap kesukaran dalam memahami cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat teks cerita pendek dari antologi cerpen Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El-Shirazy dan kawan kawan yang penulis teliti memiliki unsur pembangun yang lengkap meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Selain itu, keempat teks tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 revisi serta memenuhi kriteria bahan ajar sastra, meliputi aspek pedagogi, estetis, psikologis, dan ideologi. Berdasarkan indikator-indikator tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks cerita pendek dalam antologi Gadis Kota Jerash karya Habiburrahman El-Shirazy dan kawan-kawan ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada kelas XI. Artinya hipotesis penelitian ini terbukti dan dapat diterima. iii

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:42
Last Modified: 13 Sep 2024 07:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item