NURPADILLAH, SALSA AMALIA (2024) EXPLORING STUDENTS’ EXPERIENCES IN PROJECT-BASED LEARNING IMPLEMENTATION: ENGLISH LANGUAGE LEARNING AND 21ST-CENTURY SKILLS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (199kB) |
|
Text
2. APROVAL SHEET.pdf Download (598kB) |
|
Text
3. LEMAR PERNYATAAN.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf Download (119kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text
6. PREFACE.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (189kB) |
|
Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf Download (144kB) |
|
Text
10. CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW.pdf Download (181kB) |
|
Text
11. CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf Download (249kB) |
|
Text
12. CHAPTER 4 RESEARCH FINDINGS AND DISCUSSION.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
13. CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTIONS.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
14. REFERENCES.pdf Download (223kB) |
|
Text
15. ENCLOSURE.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek (untuk selanjutnya disebut PjBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membekali siswa dengan keterampilan abad 21 dan dianggap mampu meningkatkan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat implementasi PjBL dalam pembelajaran bahasa Inggris dan keterampilan abad 21 serta mengeksplorasi tantangan yang siswa hadapi selama implementasi PjBL. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif dengan melibatkan 3 mahasiswa dengan tingkat keterlibatan yang berbeda selama diskusi dan konsultasi dan tingkat hasil proyek yang berbeda sebagai partisipan. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data dan analisis tematik untuk mengolah data. Hasil penelitian ini memunculkan 3 tema yaitu (1) Manfaat PjBL dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, (2) Manfaat PjBL dalam keterampilan abad 21, dan (3) Tantangan dalam Implementasi PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi PjBL menawarkan banyak manfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris dan keterampilan abad ke-21 yang akan membekali mereka untuk bertahan dan sukses di abad ke-21, terutama dalam hal pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja internasional yang terus berubah. Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa menghadapi tantangan selama pelaksanaan PjBL, yang meliputi tantangan dalam manajemen diri dan tantangan dalam mengikuti semua tahapan PjBL. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa PjBL adalah metode pembelajaran yang efektif untuk memenuhi tuntutan perkembangan abad 21 karena ini dapat membekali siswa dengan keterampilan abad 21 dan meningkatkan pembelajaran. Namun, semua tahapan PjBL nya harus diterapkan dengan baik agar tujuan pembelajaran nya dapat tercapai. Kata Kunci: Pengalaman siswa, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran bahasa Inggris, keterampilan abad ke 21.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 02:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14285 |
Actions (login required)
View Item |