PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGIBOOK

PERMATASARI, AJENG (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGIBOOK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERBAIKAN (REVISI).pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (121kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (121kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (519kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi matematika, dapat dilakukan pembelajaran melalui penerapan media komik berbais digibook. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik melalui penggunaan media komik berbasis digibook dan membuktikan adanya peningkatan kemampuan literasi matematika yang lebih baik dibanding media LKPD. Adapun populasi dari penelitian ini adalah kelas VII A sampai VII J SMP Negeri 1 Tasikmalaya, dengan sampel kelas VII J dan VII G yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan literasi matematika, yang kemudian hasil tes tersebut dianalisis menggunakan Uji-t melalui penggunan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika yang signifikan menggunakan komik matematika berbasis digibook, dan terlihat bahwa pembelajaran menggunakan komik berbais digibook lebih baik dibanding menggunakan LKPD, penggunakan LKPD -2,281 lebih rendah dibawah komik berbasis digibook. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika, Komik Berbasis Digibook

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:03
Last Modified: 09 Sep 2024 03:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item