ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA

ABDURRAHMAN, DWIKI (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (268kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (85kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (153kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
08. Daftar Tabel.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (85kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (83kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (135kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes berpikir kreatif matematis, pengisian angket karakteristik cara berpikir siswa dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai intrumen kunci, soal berpikir kreatif matematis, angket karakteristik cara berpikir siswa. Sumber data dalam penelitian ini siswa SMPN 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe sekuensial konkret (SK) menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, menuliskan apa yang ditanyakan dari soal secara tepat, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi yang ada pada soal dengan logis dan masuk akal. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe sekuensial abstrak (SA) menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, namun tidak menuliskan apa yang ditanyakan, serta memberikan argumen apa yang diketahui dari soal dengan merangkai kata-katanya sendiri. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe acak konkret (AK). menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan acak, menuliskan apa yang ditanyakan dari soal secara tepat, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi dari soal. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe acak abstrak (AA) menuliskan apa yang diketahui secara kurang lengkap dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan dari soal, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi yang ada pada soal. Kata kunci: Proses Berpikir, Berpikir Kreatif Matematis, Karakteristik Cara Berpikir Siswa

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:44
Last Modified: 09 Sep 2024 02:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item