ABDURRAHMAN, DWIKI (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (21kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (321kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (268kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (85kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (153kB) |
|
Text
07. Daftar Isi.pdf Download (88kB) |
|
Text
08. Daftar Tabel.pdf Download (83kB) |
|
Text
09. Daftar Gambar.pdf Download (85kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (83kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (96kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (135kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (267kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes berpikir kreatif matematis, pengisian angket karakteristik cara berpikir siswa dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai intrumen kunci, soal berpikir kreatif matematis, angket karakteristik cara berpikir siswa. Sumber data dalam penelitian ini siswa SMPN 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe sekuensial konkret (SK) menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, menuliskan apa yang ditanyakan dari soal secara tepat, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi yang ada pada soal dengan logis dan masuk akal. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe sekuensial abstrak (SA) menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, namun tidak menuliskan apa yang ditanyakan, serta memberikan argumen apa yang diketahui dari soal dengan merangkai kata-katanya sendiri. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe acak konkret (AK). menuliskan apa yang diketahui secara lengkap dan acak, menuliskan apa yang ditanyakan dari soal secara tepat, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi dari soal. Proses berpikir kreatif matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe acak abstrak (AA) menuliskan apa yang diketahui secara kurang lengkap dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan dari soal, serta memberikan argumen apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengikuti informasi yang ada pada soal. Kata kunci: Proses Berpikir, Berpikir Kreatif Matematis, Karakteristik Cara Berpikir Siswa
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14215 |
Actions (login required)
View Item |