GUNAWAN, SALMANTHA NUUR RAIS (2024) Analisis Dampak Penataan Trotoar Terhadap Kebutuhan Ruang Parkir Di Sekitar Jalan HZ. Mustofa, Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
3. LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (310kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (443kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (335kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (337kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (690kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (185kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (862kB) |
Abstract
Jalan HZ. Mustofa dan Jalan Cihideung di Kota Tasikmalaya, yang merupakan pusat aktivitas utama, mengalami penataan trotoar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang pada tahun 2022. Proyek ini menghilangkan 414 SRP sepeda motor dan 165 SRP kendaraan ringan, memicu munculnya parkir liar di sekitar kedua jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik parkir, kebutuhan ruang parkir, dan solusi untuk kekurangan parkir. Dilakukan survei lapangan dan analisis data di tiga lokasi parkir liar: Jalan Empang, Jalan Pasar Wetan, dan Jalan Sukawarni. Jalan Empang memiliki 75 SRP sepeda motor dan 23 SRP kendaraan ringan, Jalan Pasar Wetan 63 SRP sepeda motor dan 7 SRP kendaraan ringan, dan Jalan Sukawarni 48 SRP sepeda motor dan 13 SRP kendaraan ringan. Total ketiga lokasi memiliki 186 SRP sepeda motor dan 43 SRP kendaraan ringan. Penelitian berlangsung selama 16 hari, dengan pengawasan 9 jam per hari. Hasilnya menunjukkan volume parkir masuk maksimum untuk sepeda motor pada 29 Juli 2023 adalah 1144 kendaraan, dan untuk kendaraan ringan 248 kendaraan. Volume parkir keluar maksimum untuk sepeda motor adalah 1039 kendaraan pada tanggal yang sama. Akumulasi parkir maksimum untuk sepeda motor adalah 148 kendaraan pada 30 Juli 2023, dan untuk kendaraan ringan 44 kendaraan pada 6 Agustus 2023 antara jam yang sama. Durasi rata-rata parkir adalah 2.34 jam untuk sepeda motor dan 2.28 jam untuk kendaraan ringan. Kapasitas dinamis tertinggi terjadi pada 14 Agustus 2023, dengan 958.46 SRP untuk sepeda motor dan 209.78 SRP untuk kendaraan ringan. Indeks parkir tertinggi untuk sepeda motor adalah 84.41% pada 29 Juli 2023, dan untuk kendaraan ringan 99.35% pada tanggal yang sama. Turn over parkir tertinggi adalah 6.15 sepeda motor/srp dan 5.77 kendaraan ringan/srp pada 29 Juli 2023. Ruang Parkir yang dibutuhkan adalah 264.3 SRP sepeda motor dan 52.8 SRP kendaraan ringan. Solusi yang diusulkan adalah menciptakan ruang parkir off street. Gedung Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, dengan luas tanah 4047.5 m2, dapat diubah menjadi taman parkir. Desain yang sesuai dapat menampung 404 SRP sepeda motor dan 74 SRP kendaraan ringan. Kata Kunci : Parkir, Ruang Parkir, Karakteristik Parkir, Kebutuhan Parkir.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14145 |
Actions (login required)
View Item |