RAHAYU, WIDYA PUTRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Materi Perekonomian Indonesia pada Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (6MB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (400kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
9 BAB 1.pdf Download (6MB) |
|
Text
10 BAB 2.pdf Download (6MB) |
|
Text
11 BAB 3.pdf Download (6MB) |
|
Text
12 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
13 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan pembelajaran yang tercapai secara efektif dapat diperoleh melalui interaksi aktif yang terjadi antarsiswa dan guru. Minimnya motivasi belajar dan keaktifan siswa selama di kelas memberikan pengaruh yang besar terhadap keberhasilan belajar yang sulit didapatkan dan siswa tidak mendapat kebermaknaan dalam proses belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PBI untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Studi kuasi eksperimen jenis post-test-only design with non-equivalent control group pada siswa kelas X IPS SMAN 1 Cihaurbeuti dengan sampel kelas X IPS 3 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan instrumen tes, kuesioner, dan lembar observasi untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis secara parsial menggunakan statistik parametrik paired sample t-test dan independent sampel t-test signifikansi 0,05 sehingga didapatkan hasil penelitian bahwa: 1) terdapat perbedaan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan dengan signifikansi variabel Y1 < 0,001 dan Y2 0,031; 2) tidak terdapat perbedaan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan dengan signifikansi variabel Y1 0,063 dan Y2 0,671; 3) terdapat perbedaan peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBI dengan model pembelajaran konvensional dengan signifikansi variabel Y1 < 0,001 dan Y2 0,046 dilihat juga perbedaan tersebut pada data tes model PBI mean 75,88 dengan model konvensional mean 70,59. Kata kunci : Keaktifan, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14039 |
Actions (login required)
View Item |