PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MELISA, SALSA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif di setiap sintaksnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimental. Dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 190. Penelitian ini menggunakan sampel kelas XI MIPA 2 sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen, dan XI MIPA 5 sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal essay keterampilan berpikir kreatif berjumlah 14 soal. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t independen. Hasil penelitian ini menunjukkan sig. 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi sistem respirasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Model pembelajaran RADEC efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif karena setiap sintaksnya mendukung siswa untuk terus melatih keterampilan berpikir kreatifnya. Sehingga pembelajaran dengan model RADEC lebih baik dan dapat dikembangkan. Kata kunci: Model Pembelajaran, RADEC, Keterampilan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:51
Last Modified: 04 Sep 2024 02:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item