PUJIYANTI, FITRIYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (915kB) |
|
Text
3.Surat Pernyataan.pdf Download (2MB) |
|
Text
4.Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
5.Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
6.Ucapan Terima Kasih.pdf Download (1MB) |
|
Text
7.Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
8.Daftar Tabel.pdf Download (1MB) |
|
Text
9.Daftar Gambar.pdf Download (1MB) |
|
Text
10.Daftar Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
11.Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
12.Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
13.Bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
14.Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15.Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16.Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
17.Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
18.Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan literasi visual sangat krusial dalam pembelajaran abad 21, yaitu dalam memahami dan menginterpretasikan informasi yang disampaikan melalui berbagai media visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan literasi visual peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 252 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 orang peserta didik dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian yang memenuhi indikator literasi visual pada materi sistem koordinasi sebanyak 10 butir soal yang telah teruji valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi literasi visual peserta didik kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan literasi visual peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, Literasi Visual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:57 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13967 |
Actions (login required)
View Item |