IDAMAN, RAINA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTUAN MEDIA DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (10MB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (919kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (10MB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (10MB) |
|
Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf Download (10MB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (10MB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (10MB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (10MB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (10MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (10MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (10MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (11MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (10MB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Abad ke-21 merupakan era dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat yang berdampak pada persaingan bebas yang ketat dalam aspek kehidupan manusia. Literasi sains dan keterampilan kolaborasi menjadi dua hal yang harus dimiliki peserta didik agar mampu menghadapi tantangan global di abad tersebut. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan kolaborasi adalah dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE berbantuan media digital flipbook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantuan media digital flipbook terhadap literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi experiment dengan desain the non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang berjumlah 7 kelas, dengan sampel yang digunakannya sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol positif, dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan majemuk sebanyak 27 butir soal literasi sains serta angket Collaboration Self-Assesment Tool (CSAT) sebanyak 44 pernyataan keterampilan kolaborasi yang teruji valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA dengan taraf signifikasi α=0,05. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05 untuk literasi sains dan 0,000<0,05 untuk keterampilan kolaborasi, artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran pada setiap kelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berbantuan media digital flipbook memberikan pengaruh terbaik dalam memberdayakan literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Kata Kunci: Flipbook, Keterampilan Kolaborasi, Literasi Sains, RICOSRE, Sistem Ekskresi Manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:57 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13966 |
Actions (login required)
View Item |