HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONFIDENCE DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

RESTUHATI, GITHA (2024) HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONFIDENCE DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (930kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar seringkali dijadikan sebagai tolak ukur dalam keberhasilan proses pembelajaran. Peserta didik memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Hal ini karena hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah self esteem dan self confidence yang termasuk kedalam faktor internal hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self esteem dan self confidence dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 di Kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 174 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebanyak 28 peserta didik dan XI MIPA 3 sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan skor PAS biologi. Instrumen penelitian terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi oleh expert judgement dan berdasarkan hasil perhitungan uji validitas menggunakan sofware SPSS yaitu angket self esteem sebanyak 23 pernyataan serta angket self confidence sebanyak 21 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi pearson dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara self esteem dengan hasil belajar (R=0,334; R²=0,111) kontribusi yang diberikan terhadap hasil belajar adalah 11,1%, kemudian terdapat hubungan antara self confidence dengan hasil belajar (R=0,317; R²=0,100) kontribusi yang diberikan terhadap hasil belajar adalah 10%, selain itu terdapat juga hubungan antara self esteem dan self confidence dengan hasil belajar (R=0,369; R²=0,137) sehingga kontribusi dari self esteem dan self confidence terhadap hasil belajar yaitu sebesar 13,7%. Kata Kunci: Self Esteem, Self Confidence, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:49
Last Modified: 03 Sep 2024 03:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item