Salwa, Lia Firstiana (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover.pdf Download (29kB) |
|
Text
2.Lembar pengesahan.pdf Download (195kB) |
|
Text
3.Lembar pernyataan.pdf Download (179kB) |
|
Text
4.abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
5.Kata pengantar.pdf Download (78kB) |
|
Text
6.Daftar isi.pdf Download (73kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel-gambar-grafik-lampiran.pdf Download (78kB) |
|
Text
8.Bab 1.pdf Download (102kB) |
|
Text
9.Bab 2.pdf Download (158kB) |
|
Text
10.Bab 3.pdf Download (154kB) |
|
Text
11.Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
12.Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13.Daftar Pustaka.pdf Download (79kB) |
|
Text
14.Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
15.Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Menulis teks deskripsi merupakan tujuan capaian pembelajaran yang harus dikuasai peserta didik kelas VII pada pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum merdeka. walaupun begitu kenyataan disekolah masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 16 Tasikmalaya masih belum mampu menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu mentode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siklus kesatu dalam menulis teks deskripsi sebanyak 14 orang (44%) telah mencapai KKM dan 18 orang (56%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan dalam menulis teks deskripsi sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 77. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menulis teks deskripsi pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas VII G SMPN 16Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13943 |
Actions (login required)
View Item |