RAHAYU, SEPTI (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi digital berkembang cepat dan terus diperbarui. Perkembangan teknologi telah menyebar ke berbagai sektor, salah satu sektor yang juga menerapkan teknologi adalah sektor keuangan. Industri perbankan memperkenalkan layanan perbankan online sebagai sebuah inovasi untuk menghadapi persaingan tersebut yaitu layanan mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan BSI mobile. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dengan jumlah sampel sebanyak 173 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan BSI Mobile. Hal ini dibuktikan dengan uji F yang menunjukan perolehan hasil fhitung sebesar 101.091 berada pada tingkat signifikansi 0,000. Menurut uji t, variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kepercayaan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan BSI mobile. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung persepsi manfaat sebesar 11.312 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, nilai thitung persepsi kemudahan penggunaan sebesar 14.945 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, nilai thitung persepsi kepercayaan sebesar 14.112 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa faktor persepsi manfaat (X1), persepsi kemudahan penggunaan (X2), dan persepsi kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap minat menggunakan BSI mobile. Mengelola dan memahami persepsi mengenai manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan merupakan faktor penting dalam meningkatkan minat terhadap aplikasi mobile banking seperti BSI Mobile. Dengan menerapkan pendekatan strategis yang berfokus pada ketiga aspek tersebut, bank dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, memperkuat hubungan dengan nasabah, dan mendorong adopsi teknologi perbankan secara lebih luas. Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kepercayaan, Minat Penggunaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |