PENERAPAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI SMA TARUNA TERPADU 1 BOGOR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana di Kelas XII IPS SMA Taruna Terpadu 1 Bogor)

SETYA AJI, IRVAN BIMANTARA (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI SMA TARUNA TERPADU 1 BOGOR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana di Kelas XII IPS SMA Taruna Terpadu 1 Bogor). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (119kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (79kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (137kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (376kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Bencana merupakan suatu gejala yang ditimbulkan baik oleh alam maupun non alam dan/ faktor kelalaian manusia yang mengakibatkan efek negatif seperti timbulnya korban jiwa atau materiil dan kerusakan lingkungan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan bencana, menyebabkan banyaknya jumlah korban akibat bencana. Untuk memaksimalkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat cara yang dilakukan adalah dengan melalui pendidikan yang didapatkan dari belajar di sekolah. Dengan adanya pendidikan mengenai mitigasi bencana akan membangun pengetahuan masyarakat akan bahaya bencana. Tujuan adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan kebencanaan dalam pembelajaran di kelas XII IPS SMA Taruna Terpadu 1 Bogor dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kebencanaan terhadap kesiapsiagaan siswa kelas XII IPS dalam menghadapi bencana di SMA Taruna Terpadu 1 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah banyaknya fasilitas di sekolah namun masih kurangnya kegiatan-kegiatan mitigasi bencana seperti seminar dan juga kurangnya jalur evakuasi jika terjadi bencana. Kurikulum dan metode pembelajaran merupakan hal yang mempengaruhi pengetahuan mengenai bencana. Kemudian perbedaan pengetahuan mengenai kebencanaan setiap kelas berbeda-beda sehingga perlu adanya pedoman yaitu guru, agar kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana dapat ditingkatkan lagi. Kata kunci: Bencana, Kesiapsiagaan Bencana, Pendidikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:26
Last Modified: 02 Sep 2024 04:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item View Item