PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

SHAFITRY, FADHYA AZHI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Paradigma pendidikan modern mengharuskan guru untuk berperan dalam mengatur lingkungan belajar dan berfungsi sebagai fasilitator pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif, seperti model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas X SMAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 2 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 432 orang. Sampel penelitian ini di kelas X-4 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan di kelas X-9 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua instrumen yaitu keterampilan proses sains berbentuk soal uraian sebanyak 13 soal dan hasil belajar siswa sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 secara parsial, dan 0,001 < 0,005 secara simultan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E di kelas X SMAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : Learning Cycle 7E, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:45
Last Modified: 30 Aug 2024 02:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item