FARIKHA, FINDRA NURUL (2024) EDUTAINMENT SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (Studi pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Kober Al-Uswah Kec. Cisayong Kab. Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
02 Lembar Penguji.pdf Download (230kB) |
|
Text
03 Lembar Pengesahan.pdf Download (251kB) |
|
Text
04 Lembar Pernyataan.pdf Download (235kB) |
|
Text
05 Halaman Pribadi.pdf Download (169kB) |
|
Text
06 Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
07 Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
08 Kata Pengantar.pdf Download (293kB) |
|
Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (11kB) |
|
Text
10 Daftar Isi.pdf Download (10kB) |
|
Text
11 Daftar Tabel.pdf Download (2kB) |
|
Text
12 Daftar Gambar.pdf Download (3kB) |
|
Text
13 Daftar Lampiran.pdf Download (3kB) |
|
Text
14 BAB 1.pdf Download (97kB) |
|
Text
15 BAB 2.pdf Download (353kB) |
|
Text
16 BAB 3.pdf Download (178kB) |
|
Text
17 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
18 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) |
|
Text
20 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) Kober Al-Uswah di Kabupaten Tasikmalaya menggunakan edutainment sebagai model pembelajaran dalam pengembangkan kognitif anak. Edutainment sebagai model pembelajaran yang digunakan suatu perantara yang membantu memperjelas materi pembelajaran, bagi guru dalam mempermudah serta mengatasi masalah komunikasi dalam pembelajaran. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pembelajaran edutaiment untuk pengembangan kognitif anak usia dini 5-6 Tahun di Kober Al-Uswah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan datanya purposive sampling dengan melaksanakan observasi, wawancara dan dokumentasi di Kober Al-Uswah Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran edutainment dilihat dari Informasi meliputi: penyajian materi, media interaksi, mendorong minat, tujuan. Transformasi: mengubah metode mengajar, pengembangan keterampilan, kolaborasi, pengembangan memori auditori. Evaluasi: penilaian materi, tujuan pembelajaran. Perkembangan kognitif meliputi: peningkatan daya ingat materi, penggulangan kosa kata, pemahaman perkembangan anak, identifikasi bahasa bentuk dan warna, mengaplikasikan pengetahuan, membedakan pengelompokan, mengukur hasil belajar,serta mengoptimalkan bermain dan bereksperimen. Simpulan dari penelitian ini yaitu edutaiment sebagai model pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak secara optimal. Kata Kunci : Edutainment, Model Pembelajaran, Pengembangan Kognitif Anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:48 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13798 |
Actions (login required)
View Item |