HAMID, QOLBU FUADIL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTERUNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (134kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (238kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (199kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (159kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (276kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (486kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian seluruh kelas XI IPS MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 188 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, dan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Film Dokumenter, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:33 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13781 |
Actions (login required)
View Item |