PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTERUNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya 2023/2024)

HAMID, QOLBU FUADIL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTERUNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (238kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (159kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (486kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian seluruh kelas XI IPS MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 188 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, dan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Film Dokumenter, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:33
Last Modified: 29 Aug 2024 06:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item