Yuniarti, Tita (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
3. SK REVISI SIDANG.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (167kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (431kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (215kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (351kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (716kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (539kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, diantaranya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi matematika berdasarkan kecerdasan logis matematis dan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes, yaitu tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan literasi matematika. Penelitian dilakukan dengan populasi seluruh kelas VIII di SMPN 1 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 11 kelas. Sampel didapatkan dengan teknik purposive sampling dan didapat kelas VIII J sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji N-Gain, uji Shapiro-Wilk untuk Uji Normalitas dan Uji Hipotesis dengan Uji One Sample t-Test. Hasil yang didapatkan yaitu pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis efektif terhadap kemampuan literasi matematika. Dengan perolehan lebih dari 75% siswa mendapatkan peningkatan kemampuan literasi matematika minimal kategori sedang dan rata-rata N-Gain sebesar 0,56 dengan interpretasi efektivitas pada rentang cukup efektif. Serta kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis berada pada kategori sedang, dan melalui hasil jawaban, siswa sudah mampu dalam mengidentifikasi aspek matematika dalam permasalahan yang diberikan, tetapi kurang dalam menerapkan strategi penyelesaian dan menginterpretasikan hasil perhitungan. Kata kunci: efektivitas, kecerdasan logis matematis, kemampuan literasi matematika, pembelajaran berdiferensiasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13767 |
Actions (login required)
View Item |