SETIAWAN, TIARA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP KEBERHASILAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER .pdf Download (123kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (438kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (426kB) |
|
Text
4. ABSTRAK .pdf Download (104kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR .pdf Download (254kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (241kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
8. BAB II .pdf Download (353kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (520kB) |
|
Text
10. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap keberhasilan menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi (eksperimen pada peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan terdiri atas teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik angket. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas VIII F yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik di kelas VIII F (kelas eksperimen) pada KD 3.8 mencapai 43,95 (pretest) dan 88,36 (posttest). Sedangkan pada KD 4.8 sebesar 56,86 (pretest) dan 81,12 (posttest). Sementara itu, nilai rata-rata peserta didik di kelas kontrol (VIII E) pada pada KD 3.8 mencapai 37,4 (pretest) dan 71,48 (posttest). Sedangkan pada KD 4.8 sebesar 64,31 (pretest) dan 73,013 (posttest). Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh peserta didik pada KD 3.8 di kelas eksperimen sebesar 51% sedangkan di kelas kontrol 45%. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh peserta didik pada KD 4.8 di kelas eksperimen sebesar 43% sedangkan di kelas kontrol 16%. Data tersebut kemudian diuji dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas, diketahui bahwa data beridstribusi tidak normal, sedangkan uji homogenitas menujukan data homogen. Maka, penulis melakukan pengujian dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh bahwa Whitung = 0 < Wtabel (98,68) dalam taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan (berarti) pada data yang telah diperoleh. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model Read, Answer, Discuss, Create, and Explain berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13742 |
Actions (login required)
View Item |