EKSPLORASI KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN GENDER

SAPITRI, ANIS (2024) EKSPLORASI KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (14kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. Bab 1.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. Bab 2.pdf

Download (316kB)
[img] Text
10. Bab 3.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Kemampuan penalaran deduktif matematis merupakan fondasi bagi kemampuan peserta didik untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep matematika. Namun, sayangnya peserta didik belum bisa memenuhi kemampuan penalaran deduktif matematis. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah perbedaan gender. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengeksplorasi kemampuan penalaran peserta didik berdasarkan aspek gender maskulin dan feminin. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan penalaran deduktif matematis, kuesioner PAQ berupa tes kepribadian (self-report) yang mengukur dua skala perantaraan (instrumentalitas/maskulinitas) dan ekspresif (feminitas), dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner dan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis. Data penelitian terdiri atas jawaban peserta, dan hasil wawancara peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu, peserta didik M-3 yaitu peserta didik laki-laki maskulin hanya dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan logis, akan tetapi jawaban peserta didik kurang lengkap. Peserta didik M-9 dan M-11 yaitu peserta didik perempuan maskulin hanya dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan logis akan tetapi jawaban belum lengkap. Peserta didik F-2 dan F-1 yaitu peserta didik laki-laki feminin dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan secara logis. Sedangkan peserta didik F-7 yaitu peserta didik perempuan feminin dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 1)melakukan perhitungan berdasarkan rumus,2)menyusun pembuktian langsung dan 3)menarik kesimpulan secara logis. . Kata kunci: Eksplorasi, Kemampuan penalaran deduktif matematis, maskulinitas, feminitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:31
Last Modified: 28 Aug 2024 04:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item