RAMADHANTI, SASKIA MUTIARA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perubahan Iklim Global di Kelas X SMA Negeri 1 Cilimus). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (87kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (174kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (116kB) |
|
Text
4. ABSTRAK .pdf Download (66kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR .pdf Download (148kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf Download (133kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI .pdf Download (211kB) |
|
Text
8. BAB I .pdf Download (137kB) |
|
Text
9. BAB II .pdf Download (417kB) |
|
Text
10. BAB III .pdf Download (443kB) |
|
Text
11. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
12. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (205kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang pasif berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media kartu pada mata pelajaran geografi materi pengaruh perubahan iklim global di kelas X SMAN 1 Cilimus? (2) Bagaimana pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media kartu terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMAN 1 Cilimus? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media kartu terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 1 Cilimus?. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Tes, Studi Literatur dan Dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 72 peserta didik yang berasal dari kelas X.6 dan X.7, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa uji Independent Sample t-Test. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa tahapan pelaksanaan model problem based learning berbantuan dengan Media Kartu pada mata pelajaran geografi materi Pengaruh Perubahan Iklim Global di kelas X SMA Negeri 1 Cilimus yakni diawali oleh guru mendeskripsikan tujuan pembelajaran, kemudian guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik yang berkaitan dengan sumber belajar, guru mengorganisasikan peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadi komunikasi yang baik, guru membimbing peserta didik untuk melakukan penyelidikan baik individu maupun kelompok, peserta didik menyajikan hasil pemecahan masalah, kemudian menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Model problem based learning berbantuan dengan Media Kartu pada mata pelajaran geografi materi Pengaruh Perubahan Iklim Global berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cilimus. Kata Kunci : Model Problem based learning, Media Kartu, Keterampilan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Kogniti
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13706 |
Actions (login required)
View Item |