NURHIDAYAH, MAYA (2024) PENERAPAN MODEL INQUIRY-BASED LEARNING (IBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARA (VIDEO) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional Di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (252kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (13kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (7kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (83kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (100kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (114kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (359kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pengetahuan peserta didik dalam berpikir kritis belum terlihat karena masih ada yang berpatokan jawaban pada buku. Sekitar 40% siswa yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalaha pada penelitian ini yaitu bagaimana tahapan, dan pengaruhnya penerapan model inquiry-based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, adapun penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui tahapan penerapan model inquiry�based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis untuk mengetahui pengaruh penerapan model inquiry-based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI IPS dan sampel yang di gunakan yaitu kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 SMA Negeri 2 Ciamis dengan teknik pengambilan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan tahapan model inquiry-based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu: orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, mengajukan hipotesis, merumuskan kesimpulan. Model inquiry-based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon 0,001<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Model inquiry-based learning (IBL) berbantuan media pembelajaran (video) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis pada mata pelajaran geografi materi perubahan iklim global, semakin baik dalam menggunakan model dan media tersebut, maka semakin tinggi kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Inquiry-Based Learning (IBL), Media, Video, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13600 |
Actions (login required)
View Item |