PENGARUH PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RAISA, FASYA DIFA (2024) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMAN 9 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik think pair share dalam model cooperative learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep kerjasama internasional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 170 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 5 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh teknik think pair share dalam model cooperative learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kerjasama internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa teknik think pair share dalam model cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Think Pair Share, Cooperative Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:35
Last Modified: 27 Aug 2024 01:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item