DETERMINAN MINAT KONSUMSI MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI

Pertiwi, Melani Putri Delista (2024) DETERMINAN MINAT KONSUMSI MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR-DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Mengkonsumsi barang halal adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim. Berdasarkan hasil riset awal yang dilakukan kepada mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dengan jumlah responden 54 orang didapatkan hasil bahwasannya lebih dari 40% jawaban responden menyatakan bahwa mereka kurang bahkan tidak memperhatikan kehalalanan makanan yang mereka konsumsi. Hal ini merupakan suatu masalah dikarenakan minimnya halal awareness mahasiswa terhadap apa yang mereka konsumsi sehingga ada kemungkinan makanan yang mereka konsumsi itu bukan makanan yang halal. Untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa terhadap makanan halal, maka penelitian ini merujuk pada konsep Theory of Planned Behavior yang menyatakan bahwa minat konsumsi mahasiswa terhadap makanan halal dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa aktif Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dengan jumlah sampel 178 orang. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu inner model dan outer model. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh:1) sikap memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat konsumsi dengan nilai t statistik 1.939<1.96 dan nilai p value 0.053>0.05. 2) norma subjektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumsi dengan nilai t statistik 3.704>1.96 dan nilai p value 0.000<0.05. 3) kontrol perilaku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumsi dengan nilai t statistik 3.904>1.96 dan nilai p value 0.000<0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sikap tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat konsumsi mahasiswa sedangkan norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumsi makanan berlabel halal pada mahasiswa. Kata Kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Minat Konsumsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:23
Last Modified: 27 Aug 2024 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item