PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024)

ROSANTI, ROSA (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (182kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (125kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (308kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (630kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang terjadi di SMAN 2 Tasikmalaya yaitu pembelajaran ekonomi masih menggunakan pembelajaran terpusat guru. Guru biasanya lebih dominan sebagai pusat pembelajaran dan peserta didik kurang aktif saat memperdalam materi. Akibatnya, banyak peserta didik masih mendapatkan nilai hasil belajar yang rendah. Peneliti bereksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif, dengan tujuan peneliti yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik dengan dua model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) dan GI (Group Investigation) dilihat dari kemampuan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dalam bentuk (design factorial 2x2) dengan teknik pengumpulan data melalui tes berupa pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 430 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas X 11 (36 orang) sebagai kelas eksperimen A dan X 12 (37 orang) sebagai kelas eksperimen B. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran GI (Group Investigation). Dimana diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:24
Last Modified: 22 Aug 2024 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item