Rahayu, Fuji Aulia (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z MUSLIM DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (243kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (63kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (46kB) |
|
Text
4. ABSTRAK .pdf Download (301kB) |
|
Text
5. PEDOMAN & KATA PENGANTAR .pdf Download (391kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR .pdf Download (272kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (527kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (229kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Generasi Z merupakan kelompok demografis yang lahir antara tahun 1997 hingga tahun 2012. Generasi Z yang tumbuh dan besar di era teknologi ini mengakibatkan Generasi Z cenderung rentan terjerumus kedalam terhadap perilaku konsumtif karena rendahnya literasi keuangan. Kemajuan teknologi ini juga berdampak pada kemudahan transaksi dengan menggunakan aplikasi digital payment, dan mengakibatkan gaya hidup Generasi Z juga ikut berubah dan mengakibatkan tingginya perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, digital payment, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 orang Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu outer model dan inner model. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Digital payment berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian, gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kesimpulannya bahwa variabel digital payment dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya, sedangkan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya. Hasil uji R-Square menunjukkan terdapat pengaruh literasi keuangan, digital payment, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya sebesar 0,537 atau 53,7%. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Digital Payment, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13411 |
Actions (login required)
View Item |