WINARTI, WINI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (86kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (71kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan.pdf Download (297kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Keaslian.pdf Download (30kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (66kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (117kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (35kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (30kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (31kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (40kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (133kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Download (403kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Download (208kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir divergen matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Big Five. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian Big Five (The Big Five Inventory), soal tes kemampuan berpikir divergen matematis pada materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini lima peserta didik dari kelas IX B di MTs As-Sa’adah Tasikmalaya yang konsisten memiliki satu tipe kepribadian yang paling dominan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peserta didik S-21O dengan tipe kepribadian openness to experience hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (2) peserta didik S-17C dengan tipe kepribadian conscientiousness mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. (3) peserta didik S-14E dengan tipe kepribadian extraversion hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (4) peserta didik S-10A dengan tipe kepribadian agreeableness hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (5) peserta didik S-06N dengan tipe kepribadian neuroticism hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency dan elaboration. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Divergen Matematis, Tipe Kepribadian Big Five
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13311 |
Actions (login required)
View Item |