ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE

WINARTI, WINI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (30kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (117kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (30kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (40kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (208kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir divergen matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Big Five. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian Big Five (The Big Five Inventory), soal tes kemampuan berpikir divergen matematis pada materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini lima peserta didik dari kelas IX B di MTs As-Sa’adah Tasikmalaya yang konsisten memiliki satu tipe kepribadian yang paling dominan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peserta didik S-21O dengan tipe kepribadian openness to experience hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (2) peserta didik S-17C dengan tipe kepribadian conscientiousness mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. (3) peserta didik S-14E dengan tipe kepribadian extraversion hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (4) peserta didik S-10A dengan tipe kepribadian agreeableness hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. (5) peserta didik S-06N dengan tipe kepribadian neuroticism hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir divergen, yaitu fluency dan elaboration. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Divergen Matematis, Tipe Kepribadian Big Five

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:17
Last Modified: 15 Aug 2024 07:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item