SENIAWATI, YESHA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (31kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (84kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan.pdf Download (350kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf Download (94kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (32kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (45kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (51kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (29kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (134kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Download (330kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Download (341kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (79kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik, serta mengetahui kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Flipped Classroom berbantuan media Power Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian true exsperimental design dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 4 Tasikmalaya. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX F sebagai kelas eksperimen dan kelas IX E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dengan menganalisis serta mengukur kemampuan pemahaman matematis peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2013. Uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis kemampuan pemahaman matematis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pempelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point sebesar 72,23 pada kategori sedang, sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Learning sebesar 62,04 pada kategori rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point dapat mempelajari materi sendiri dan didukung oleh media Power Point yang mudah untuk diakses kapanpun dan dimanapun oleh peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Media Power Point, Kemampuan Pemahaman Matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |