NINGSIH, OKTA DWI AVIA (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN TUBERKULOSIS TAHUN 2024 (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (41kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (113kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (51kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (45kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (93kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (197kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
Abstract
Indonesia masuk dalam daftar 30 negara dengan angka kejadian tuberkulosis (TB) tertinggi di dunia dan menempati peringkat kedua negara tertinggi di dunia untuk kejadian tuberkulosis (TB). Salah satu bagian dari pembangunan kesehatan adalah pelaksanaan peningkatan mutu pelayanan kesehatan oleh penyelenggara kesehatan. Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, perlu dilakukan pengukuran secara berkala. Salah satu indikator dari mutu pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang pada tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah responden 81 orang. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan Kehandalan (Reliability) (0,005) terhadap kepuasan pasien. Tidak terdapat hubungan Daya Tanggap (Responsiveness) (0,053), Jaminan (Assurance) (0,589), Empati (Empathy) (1,000), dan Bukti Fisik (Tangible) (0,681) terhadap kepuasan pasien. Peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan pasien di puskesmas memerlukan komitmen dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk tenaga kesehatan, masyarakat, dan pemerintah. Oleh karena itu, diharapkan puskesmas setempat dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut di atas, dan juga diharapkan dapat menjadi sarana pelayanan kesehatan yang prima, bermutu, dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Tuberkulosis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13272 |
Actions (login required)
View Item |