HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN TUBERKULOSIS TAHUN 2024 (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang)

NINGSIH, OKTA DWI AVIA (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN TUBERKULOSIS TAHUN 2024 (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (51kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (93kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Indonesia masuk dalam daftar 30 negara dengan angka kejadian tuberkulosis (TB) tertinggi di dunia dan menempati peringkat kedua negara tertinggi di dunia untuk kejadian tuberkulosis (TB). Salah satu bagian dari pembangunan kesehatan adalah pelaksanaan peningkatan mutu pelayanan kesehatan oleh penyelenggara kesehatan. Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, perlu dilakukan pengukuran secara berkala. Salah satu indikator dari mutu pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang pada tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah responden 81 orang. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan Kehandalan (Reliability) (0,005) terhadap kepuasan pasien. Tidak terdapat hubungan Daya Tanggap (Responsiveness) (0,053), Jaminan (Assurance) (0,589), Empati (Empathy) (1,000), dan Bukti Fisik (Tangible) (0,681) terhadap kepuasan pasien. Peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan pasien di puskesmas memerlukan komitmen dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk tenaga kesehatan, masyarakat, dan pemerintah. Oleh karena itu, diharapkan puskesmas setempat dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut di atas, dan juga diharapkan dapat menjadi sarana pelayanan kesehatan yang prima, bermutu, dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Tuberkulosis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:51
Last Modified: 15 Aug 2024 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item