SUMARNI, LENI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA VISUAL DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Kelas X 5 pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Siklus Hidrologi di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (35kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (84kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (77kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (147kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (249kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (314kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi penelitian yaitu tidak ditemukannya prodak pembelajaran dari mata Pelajaran geografi, serta rendahnya keaktifan dan motivasi dalam mempelajari mata Pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning dengan media visual diorama terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X 5 SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji U-Mann Whitney. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 455 orang dengan jumlah kelas 12 kelas, Adapun untuk populasinya sebanyak 184 dengan 38 orang kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan 38 orang kelas X 2 sebagai kelas kontrol. sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrument, berupa uji validitas dan uji realibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran model Project Based Learning dengan media visual diorama pada sub materi siklus hidrologi di kelas X 5 SMA Negeri 7 Tasikmalaya yaitu : menentukan pertanyaan mendasar, membuat desain proyek, Menyusun penjadwalan, memonitor kemajuan proyek, penilaian hasil, dan evaluasi pengalaman. Model Project Based Learning dengan media visual dioama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X 5 SMA Negeri 7 Tasikmalaya, yaitu semakin baik penggunaan model Project Based Learning dengan media visual diorama maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran, Model Project Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13256 |
Actions (login required)
View Item |