DAMAYANTI, CINDY CELINA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN PERLAWANAN BANGSA INDONESIA DI KELAS XI MPLB SMK YAPSIPA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (242kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (261kB) |
|
Text
5. HALAMAN PERIBADI.pdf Download (123kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf Download (60kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (66kB) |
|
Text
11. DAFTAR BAGAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (151kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (162kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (280kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi dan juga tes dengan instrument penelitian berupa soal pretest dan posttest. Data penelitian dianalisis dengan berbagai jenis uji seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji N-gain menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media pembelajaran Kahoot mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik, terbukti pada kelas eksperimen yaitu kelas XI MPLB mendapat hasil rata-rata posttest 75,91 yang mengalami peningkatan dari hasil awal (pretest) dengan rata�rata 41,82. Hal tersebut didasarkan juga dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t test, diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan alasan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah Indonesia menggunakan media pembelajaran Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya. Kata kunci: Media pembelajaran, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:57 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13247 |
Actions (login required)
View Item |