PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURJANAH, NENENG (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (352kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (788kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (356kB)
[img] Text
penguji.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Manonjaya yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental desaigns. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah 159 peserta didik, sampel penelitian kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan Pretest dan Posttest yang terdiri dari 25 butir soal dengan alternatif jawaban pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media video pada materi kerja sama ekonomi internasional, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Talking Stick, Media Video, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:12
Last Modified: 13 Aug 2024 08:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item