PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMAN 1 Manonjaya)

AGUSTIN, WINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMAN 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (116kB)
[img] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (46kB)
[img] Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WINA AGUSTIN. 2024. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMAN 1 MANONJAYA) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dr. H. Yoni Hermawan, M.Pd. dan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media video. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 5 kelas, dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 2 kelas. Adapun sampel penelitian adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang signifikan dengan menerapkan Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media video pada Mata Pelajaran Ekonomi, dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media video memberikan efektifitas yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Video

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:51
Last Modified: 13 Aug 2024 06:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item