NOVIANTI, SYIFA (2024) ANALISIS DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TASK COMMITMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (526kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (91kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (142kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (280kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (107kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan defragmenting struktur berpikir peserta didik yang ditinjau dari tingkat task commitment tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini diambil dari peserta didik kelas 9A SMP Negeri 1 Tambaksari pada Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kriteria telah menyelesaikan soal tes matematika, mengisi angket task commitment dan mampu berkomunikasi serta memberikan informasi dengan jelas dan lancar. Selain itu subjek penelitian juga diambil dari setiap tingkat task commitment. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas penulis, soal tes matematika materi persamaan kuadrat, dan angket task commitment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik dengan task commitment tinggi yaitu S10T mengalami fragmentasi mis-analogical thinking, fragmentasi lubang konstruksi dan fragmentasi lubang koneksi. Untuk menata ulang struktur berpikirnya diberikan defragmenting berupa disequilibrasi yaitu dengan diberikan beberapa pertanyaan mendasar agar subjek berpikir ulang terkait jawaban yang telah ditulis dan conflict cognitive yaitu berupa contoh atau pemisalan lain yang membentuk suatu konflik sehingga subjek berpikir ulang terkait jawabannya. Peserta didik dengan task commitment sedang yaitu S06S mengalami fragmentasi mis-analogical thinking dan fragmentasi lubang koneksi. Untuk mengatasinya diberikan defragmenting berupa disequilibrasi yang berupa pertanyaan pemancing agar subjek memahami kembali terkait hal yang ditanyakan pada soal, conflict cognitive yaitu berupa contoh pemisalan yang bertantangan dengan jawaban subjek yang telah ditulis sebelumnya agar peserta didik berpikir kembali atas jawaban yang ditulisnya, dan scaffolding berupa bantuan secukupnya untuk mengembalikan struktur berpikir peserta didik. Peserta didik dengan task commitment rendah yaitu S01R mengalami fragmentasi mis-analogical thinking dan fragmentasi lubang konstruksi. Untuk mengatasinya diberikan defragmenting berupa disequilibrasi yaitu dengan beberapa pertanyaan sederhana yang membuat subjek memeriksa kembali jawabannya dan scaffolding yaitu dengan bantuan secukupnya agar subjek memahami dan menyelesaikan masalah yang diberikan. Kata kunci: Defragmenting, Struktur Berpikir, Task Commitment
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13193 |
Actions (login required)
View Item |