HAFIZHAH, DINDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (88kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (91kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (65kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (141kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (316kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (321kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
17 RIWAYAT PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Analisis menunjukkan bahwa peserta didik memerlukan aplikasi media pembelajaran interaktif untuk memabntu peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Desain mencakup pembuatan struktur navigasi, flowchart, storyboard, rancangan materi pembelajaran, dan instrumen penelitian. Pengembangan dan implementasi meliputi preproduction, production, post production, serta uji coba kelas kecil dan uji lapangan. Evaluasi terdiri dari umpan balik melalui lembar kualitas instruksional. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur dan kuesioner. Hasil validasi menunjukkan bahwa kualitas tujuan dan isi dinilai sangat layak oleh ahli materi dengan persentase rata-rata 98%, sementara kualitas teknis dinilai sangat layak oleh ahli media dengan persentase rata-rata 91%. Penilaian kualitas instruksional berdasarkan respons peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran memperoleh persentase 88%, yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif ini dapat dinyatakan sangat baik dan efektif sebagai alternatif untuk proses pembelajaran. Kata kunci : Articulate Storyline 3, Pengembangan, Realistic Mathematic Education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13109 |
Actions (login required)
View Item |